Penelitian Kolaboratif

NO

Nama Dosen

Nama Mahasiswa

Judul penelitian

Tahun

1

Dr. H. Tulus Mustofa, Lc.., MA.

Lu'luun Nisai

MUQOBALAH DALAM SURAH AL-RAHMAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MAKNA (2021)

2021

2

Dr. R. Umi Baroroh,S.Ag., M.Ag

Chairani Astina

LEARNING MAHARAH AL-KALAM THROUGH VERB AND NOUN FORMING USING THE QIYAS METHOD

2022

3

Dr. H. Tulus Mustofa, Lc.., MA.

Chairani Astina

Hipotesis Monitor Stephen Krashen dan Reorientasi Pembelajaran Istima-Kalam

2021

4

Dr. H. Tulus Mustofa, Lc.., MA.

Faiq Ilham Rosyadi

Actualization of Behavioral Theory in Learning Arabic Speaking Skills at the Madrasah Aliyah Level

2020

5

Dr. Nasiruddin, M.Pd., M.S.I.

Faiq Ilham Rosyadi

Reflective Teaching Approach: Theory and Practice For Effective Aracic Learning / Pendekatan Reflective Teaching: Teori dan Praktek Untuk Pembelajaran Bahasa Arab yang Efektif

2022

6

Dr. R. Umi Baroroh,S.Ag., M.Ag

A. Syahid Robbani

Pengembangan Kamus Ta’limiy Digital Penelitian Pendidikan Bahasa Arab sebagai Langkah Memudahkan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam Menulis Tugas Akhir Berbahasa Arab (2022)

2022

7

Dr. R. Umi Baroroh,S.Ag., M.Ag

Jauhar Ali

Blended Learning: Solusi Model Pembelajaran Bahasa Arab

2022

8

Dr. H. Tulus Mustofa, Lc.., MA.

Salim Saputra

Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyah Pada Maharah Al-Kalam Sesuai Standar Common European Framework Of Reference (CEFR)

2022

9

Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA.

Mubarokah

Kajian Kontrastif Bunyi Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia

2021

10

Dr. Nasiruddin, M.Pd., ,M.S.I.

Hayati

Fenomena Komunikasi Non Verbal pada Prosedur pembacaan Alquran dengan Roum dan Isymam

2021

11

Dr. Nasiruddin, M.Pd., ,M.S.I.

A. Syahid Robbani

Fonologi Alquran Pada Keserasian Bunyi dalam Surat Matyam

2021

12

Dr. Nasiruddin, M.Pd., ,M.S.I.

Faiq Ilham Rosyadi

Menjelahi Faktor-Faktor Motivasi Belajar dalam Perspektif Alquran; Sebuah Tinjauan Literatur

2021

13

Dr. Nasiruddin, M.Pd., ,M.S.I.

Ahmad Zaki Annafiri

Analisis Semantik Kata Tamkin dalam Alquran dan Relevansinya dengan Pendidikan

2021

14

Dr. Sigit Purnama, M.Pd.

Mubarokah

Pengaruh Ilmuwan Indonesia Lulusan Barat dan Timur Tengah Rentang 1980-2010; Tantangan Pendidikan Islam di indonesia

2021

15

Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.

Ahmad Zaki Annafiri

Integrasi Kurikulum Bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia di Pondok Modern Darussalam Gontor (Pendekatan Leksikologi)

2021

16

Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.

A. Syahid Robbani

Model pembelajaran Muhadatsah dengan Strategi Scamper di Pondok Pesantren Nurul Hakim Lombok Barat

2021

17

Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.

Nurhapsari Pradnya Paramita

Studi Pembelajaran Bahasa Arab MI Menggunakan Pendekatan Tematik Integratif

2021

18

Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.

Mubarokah

Perbandingan Bunyi Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Analisis Kontrastif pada Konsonan dan Vokal)

2021

19

Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.

Hayati

Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Integratif dengan Pendekan Qurani di Markaz Quran Sumatera Barat

2021

20

Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.

Faiq Ilham Rosyadi

Model Pembelajaran Bahasa Arab Reflektif Berbasis Pendekatan Konstruktivisme di Perguruan Tinggi

2021

21

Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA.

Hayati

Kompetensi Komunikatif pada Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Studi kritis terhadap Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Perspektif CEFR

2021

22

Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA.

Nurhapsari Pradnya Paramita

Analisis CEFR dalam Menentukan KI-KD Pembelajaran Bahasa Arab Mdrasah Tsanawiyyah Kelas VII

2021

23

Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA.

Ahmad Zaki Annafiri

Analisis Soal Syahadah al-Ikhtibar li Maharah al-Lughah al-Arabiyyah (SIMLA) Mengacu pada CEFR (Common European Framework of Reference for Language)

2021

24

Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA.

A. Syahid Robbani

HAMBATAN DAN PERMASALAHAN PENERAPAN CEFR DI INDONESIA: A SYSTEMATIC REVIEW

2021

25

Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA.

Jauhar Ali

Penerapan Immersion Education dalam Pembelajaran Bahasa Kedua (L2)

2020

26

Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag.

Jauhar Ali

URGENSI BAHASA ARAB DALAM KAJIAN HADITS

2021

27

Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.

Hasan Busri

PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA MENURUT PANDANGAN IBNU KHALDUN DAN NOAM CHOAMSKY

2020

28

Dr. Nasiruddin, M.Pd., ,M.S.I.

Hasan Busri

PANDANGAN HAMKA DAN QURAISH SHIHAB
TENTANG PENDIDIKAN DALAM Q.S. LUQMAN 13-19
(STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-AZHAR DAN TAFSIR AL-MISHBAH)

2021

29

Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA.

A. Syahid Robbani

Pembelajaran Bahasa Arab dengan Lingohut

2021

30

Prof. Dr, Syihabuddin Qalyubi, M.Ag

Kajian Kawasan dan Kebijakan

THE POLICY OF ARABIC CAMP PROGRAM IN ASY - SYARIFAH ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL (MAQBA) (ARABIC LANGUAGE POLICY STUDIES)

2021

31

Prof. Dr. Ibnu Burdah, M.Ag.

Hasan Busri

URGENSI PENGAJARAN PEMAHAMAN BUDAYA ARAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS

2021