EVALUASI SANDWICH PROGRAM PBA S3 UIN SUNAN KALIJAGA DI LIPIA MEDAN PRODI S3 PBA PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Pada tanggal 20-22 November 2024, dilaksanakan kegiatan Evaluasi Sandwich Program Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) S3 UIN Sunan Kalijaga di Lembaga Pendidikan Indonesia Arab (LIPIA) Medan. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan program Sandwich yang telah dilaksanakan antara UIN Sunan Kalijaga dengan LIPIA Medan, serta untuk mengevaluasi pencapaian tujuan akademik dan praktikal dari program tersebut. Evaluasi ini melibatkan dosen, mahasiswa peserta program, serta pihak Lembaga Pendidikan Indonesia Arab (LIPIA) Medan untuk mendapatkan masukan yang konstruktif demi pengembangan program di masa depan.

Kegiatan ini, dihadiri langsung dari pihak PBA S3 FITK UIN Sunan Kalijaga Kaprodi (Dr. Muhajir, M.SI.), Sekretaris Prodi (Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I.) dan Tenaga Pendidikan (Ibu Tsaniatul Ulfah, S.S.), dari PihakLembaga Pendidikan Indonesia Arab (LIPIA) Medan Direktur (د. سلطان بن محمد الشمري), Para Musyrif (د. هادي منور, د. سامي النعمي, د. أحمد الغامدي, أ. أحمد سزالي) dan dari Mahasiswa Sandwich Program (Samsul Haq, Farhan Mubarok Lubis dan Fahrurrozi).

Kegiatan evaluasi juga membahas aspek logistik dan administratif dari pelaksanaan program. Pihak UIN Sunan Kalijaga dan LIPIA Medan mendiskusikan kendala yang ada terkait dengan koordinasi antara kedua lembaga, serta bagaimana hal tersebut dapat diperbaiki untuk meningkatkan kelancaran program di masa depan. Diskusi ini juga mencakup hal-hal teknis seperti kurikulum, pembimbingan, serta integrasi antara teori dan praktik dalam program Sandwich yang bertujuan untuk menghasilkan akademisi dan praktisi pendidikan bahasa Arab yang unggul.

Kegiatan ini ditutup dengan kesepakatan untuk meningkatkan kualitas program Sandwich ke depannya, baik dalam aspek akademik, administratif, maupun dukungan infrastruktur. Semua pihak sepakat untuk terus bekerja sama dalam memperkuat kolaborasi antara UIN Sunan Kalijaga dan LIPIA Medan, dengan harapan program ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi perkembangan pendidikan bahasa Arab di Indonesia. Evaluasi ini dianggap sebagai langkah penting dalam penyempurnaan program, serta sebagai bentuk komitmen untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan relevan di dunia pendidikan tinggi.