WORKSHOP REVIEW KURIKULUM DAN PENYUSUNAN RPS BERBASIS OBE MENGACU PERMENDIKBUDRISTEK NO. 53 TAHUN 2023 DAN KPT 2024
WORKSHOP REVIEW KURIKULUM DAN PENYUSUNAN RPS BERBASIS OBE
Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan FITK UIN Sunan Kalijaga turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Workshop Review Kurikulum dan Penyusunan RPS Berbasis OBE (Outcome-Based Education) yang diselenggarakan oleh FITK pada Selasa, 29 Juli 2025, bertempat di R. Pertemuan Lt 1 FITK. Kegiatan ini diikuti oleh Program Studi PBA&PAI S1, S2 dan S3 di lingkungan fakultas, sebagai bentuk respons terhadap kebijakan baru dalam bidang pendidikan tinggi, khususnya Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi serta Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2024 tentang Kurikulum Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.
Kegiatan workshop dibuka secara resmi oleh Dekan FITK, Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd., yang menegaskan pentingnya setiap program studi melakukan peninjauan kurikulum secara berkala agar senantiasa relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan dunia kerja. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa transformasi pembelajaran ke arah pendekatan berbasis capaian luaran atau OBE adalah suatu keniscayaan dalam rangka meningkatkan mutu lulusan dan daya saing internasional perguruan tinggi.
Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Arab mengirimkan tim yang terdiri dari Ketua Program Studi, Sekretaris Prodi, dan PSMP Prodi. Dalam kegiatan ini, tim terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan praktik penyusunan dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan prinsip-prinsip OBE. Selain itu, tim juga mereview struktur kurikulum program doktor agar sejalan dengan tuntutan regulasi terbaru, termasuk penyesuaian capaian pembelajaran lulusan (CPL), struktur mata kuliah, dan metode asesmen berbasis luaran.
Narasumber kegiatan, Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I, memberikan pemaparan mendalam tentang esensi dan implementasi OBE, serta mekanisme integrasi nilai-nilai keislaman dan keilmuan dalam kerangka CPL. Proses ini sangat membantu prodi dalam memahami peta jalan transformasi pembelajaran pada level doktor, terutama dalam mengembangkan kompetensi lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga mampu berkontribusi dalam pemajuan ilmu pendidikan Bahasa Arab secara global.
Melalui workshop ini, Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Arab memperoleh pemahaman dan bekal penting untuk menyempurnakan kurikulum dan dokumen RPS yang relevan dan berkualitas. Ketua Program Doktor PBA, Dr. H. Muhajir, M.SI., menyatakan bahwa partisipasi dalam workshop ini merupakan bagian dari upaya strategis prodi untuk menjaga mutu akademik, meningkatkan akreditasi, serta memperkuat daya saing program doktor baik di tingkat nasional maupun internasional. Ke depan, hasil workshop ini akan dibahas lebih lanjut dalam forum internal prodi dan dijadikan acuan dalam pengembangan dokumen akademik secara menyeluruh.