Rapat Kerja Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Bahas Tracer Study, Evaluasi Realisasi Perkuliahan dan Penjadwalan
Pembahasan Tracer Study, Evaluasi Realisasi Perkuliahan dan Penjadwalan dalam RKF FITK UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan rapat koordinasi bersama para Ketua Program Studi (Kaprodi) dan Sekretaris Program Studi (Sekprodi) dari Program Sarjana, Magister, dan Doktor pada Selasa, 3 Juni 2025 di Ruang Pertemuan lantai 1 FITK. Rapat dihadiri oleh Dekan FITK, Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd., dan dipimpin oleh Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd., dengan fokus pembahasan pada pelaksanaan tracer study, evaluasi realisasi perkuliahan semester genap tahun akademik 2024/2025, penjadwalan perkuliahan semester berikutnya, serta isu-isu strategis akademik lainnya.
Dalam sesi pembahasan pertama, Dr. Winarti, M.Pd. sebagai Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasamamenyampaikan bahwa tracer study menjadi sorotan utama sebagai instrumen penting dalam mengevaluasi keberhasilan lulusan dan keterkaitan antara kurikulum dengan dunia kerja. Pelaksanaan tracer study harus lebih sistematis dan terintegrasi dengan sistem informasi akademik untuk mendapatkan data yang akurat dan bisa digunakan dalam penyusunan kebijakan pengembangan program studi. Beliau berpesan agar para Kaprodi-Sekprodi dapat berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi alumni dalam menyukseskan agenda tracer study.
Selanjutnya, rapat membahas evaluasi realisasi perkuliahan semester genap yang mencakup pemenuhan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), kehadiran dosen dan mahasiswa, serta efektivitas pembelajaran daring dan luring. Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I mengingatkan pentingnya dokumentasi kegiatan perkuliahan sebagai bagian dari akreditasi program studi dan peningkatan mutu akademik. Beliau juga menyampaikan perlunya peningkatan pelatihan untuk dosen dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran serta strategi evaluasi pembelajaran berbasis OBE.
Rapat juga membahas penjadwalan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2025/2026, termasuk sinkronisasi kalender akademik, distribusi mata kuliah, dan pembagian beban kerja dosen. Selain itu, dibahas pula penguatan layanan akademik, peningkatan kualitas bimbingan akademik, dan strategi peningkatan capaian pembelajaran. Seluruh peserta rapat menyepakati pentingnya koordinasi lintas jenjang dan sinergi antarprogram studi dalam menciptakan sistem akademik yang tertata, responsif, dan unggul. Rapat ditutup dengan penegasan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan di lingkungan FITK sebagai wujud kontribusi nyata terhadap visi UIN Sunan Kalijaga sebagai universitas Islam unggul dan berdaya saing global.