Ujian Komprehensif an. Jauhar Ali dengan Tema "Pembelajaran Bahasa Arab Immersi di Pesantren Berbasis Al-Itār Al-Marja'i Li Ta'līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Alnātiqīn Bi Lughāt Ukhrā (IMTA’): Systematic Literature Review"

Pada tanggal 7Januari 2025, telah dilaksanakan ujian komprehensif atas nama Jauhar Ali, mahasiswa Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FITK UIN Sunan Kalijaga, dengan tema "Pembelajaran Bahasa Arab Immersi di Pesantren Berbasis Al-Itār Al-Marja'i Li Ta'līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Alnātiqīn Bi Lughāt Ukhrā (IMTA’): Systematic Literature Review". Ujian komprehensif ini bertujuan untuk mengukur pemahaman mahasiswa mengenai topik yang diajukan serta kesiapan dalam mengembangkan penelitian lebih lanjut. Ujian dilaksanakan di hadapan dewan penguji yang terdiri dari dosen pembimbing dan penguji eksternal yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan bahasa Arab dan metodologi penelitian yaitu Prof. Dr. H. Tulus Mustofa, Lc., MA. dan Dr. Nurhadi, MA.

Jauhar Ali mempresentasikan hasil penelitian literature review yang berfokus pada konsep pembelajaran bahasa Arab immersi di pesantren, dengan pendekatan Al-Itār Al-Marja'i, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis praktik pengajaran bahasa Arab yang efektif bagi penutur bahasa asing. Dalam presentasinya, Jauhar menjelaskan tentang berbagai model pembelajaran bahasa Arab immersi yang telah diterapkan di pesantren, serta bagaimana model tersebut dapat disesuaikan dengan prinsip-prinsip teori pembelajaran bahasa Arab bagi penutur bahasa lain, berdasarkan kerangka teori yang ditawarkan oleh Al-Itār Al-Marja'i.

Dewan penguji memberikan apresiasi terhadap kedalaman kajian yang dilakukan, namun juga memberikan masukan mengenai penguatan analisis kritis terhadap literatur yang digunakan dalam penelitian ini. Beberapa penguji mengingatkan pentingnya penajaman metodologi dalam memilih dan mengevaluasi literatur yang relevan, serta memastikan keselarasan antara teori yang diusulkan dengan konteks pembelajaran bahasa Arab di pesantren. Penguji juga mengusulkan agar Jauhar menambahkan analisis perbandingan dengan penelitian-penelitian sebelumnya untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang keberagaman pendekatan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Secara keseluruhan, ujian komprehensif berjalan lancar dan memberikan wawasan yang lebih dalam bagi Jauhar Ali mengenai pengembangan penelitian selanjutnya. Masukan dari dewan penguji akan dijadikan sebagai bahan revisi dan penyempurnaan untuk meningkatkan kualitas penelitian, terutama dalam mengembangkan aplikasi model pembelajaran bahasa Arab immersi di pesantren. Dewan penguji memberikan rekomendasi agar mahasiswa segera melanjutkan penelitian dengan memperhatikan masukan yang diberikan, agar penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan bahasa Arab di Indonesia, khususnya di lingkungan pesantren.